ANALISIS KEMAMPUAN BERPIDATO BAHASA INGGRIS SISWA TINGKAT SMA/ MA Se-KABUPATEN DHARMASRAYA

  • Riyadi Saputra Universitas Dharmas Indonesia

Abstract

Berpidato bahasa Inggris merupakan salah kegiatan yang mampu meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan peserta lomba pidato bahasa Inggris tingkat SMA/MA se-kabupaten Dharmasraya mengikuti lomba pidato bahasa Inggris pada Universitas Dharmas Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang menggambarkan kemampuan peserta mengikuti lomba pidato bahasa Inggris pada Universitas Dharmas Indonesia di Dharmasraya. Informan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta yang mengikuti lomba pidato bahasa Inggris yang terdiri dari 9 peserta dengan mengunakan teknik snowball sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah audio recording yang selanjutnya di transcript kedalam bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada 5 komponen berpidato yang digunakan oleh peserta lomba, yaitu: 1) menyatakan ide pokok pidato secara jelas, 2) mengantarkan permasalahan yang terjadi agar topik yang disampaikan menarik, 3) menjelaskan keadaan sekarang yang mempengaruhi permasalahan  yang ada, 4) menyakinkan bahwa yang disampaikan berguna bagi pendengar, 5) menyimpulkan pidato dengan memberikan pernyataan terakhir. Diantara komponen berpidato bahasa Inggris, mengantarkan permasalahan yang terjadi agar topik yang disampaikan menarik dan menyimpulkan pidato dengan memberikan pernyataan terakhir merupakan komponen dari berpidato bahasa Inggris yang paling banyak digunakan oleh peserta lomba dengan persentase 26.9%. Hasil penelitian ini memberikan rekomendasi untuk memberikan seminar mengenai komponen serta pelatihan berpidato bahasa Inggris pada tingkat SMA/MA.

Published
2018-10-30
How to Cite
SAPUTRA, Riyadi. ANALISIS KEMAMPUAN BERPIDATO BAHASA INGGRIS SISWA TINGKAT SMA/ MA Se-KABUPATEN DHARMASRAYA. journal of RESIDU, [S.l.], v. 2, n. Issue 10, p. 81-91, oct. 2018. ISSN 2598-8131. Available at: <http://ojs.rc-institut.id/index.php/education/article/view/102>. Date accessed: 14 dec. 2018.