PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN UNTUK PENDIDIKAN JASMANI DI SLTP

  • ZUHAR RICKY Universitas Dharmas Indonesia

Abstract

Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran teknik dasar passing bola voli dengan pendekatan bermain untuk pendidikan jasmani dengan kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Research and Development ( R&D) dari Borg dan Ball. Lokasi penelitian di SLTP Kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah angket, serta instrumen psikomotorik teknik dasar passing bawah dan passing atas. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi, angket praktikalitas dan intrumen efektifitas. Berdasarkan tabel nilai hasil belajar didapat siswa yang memperoleh nilai ≥ 80 (sangat baik) adalah 12 orang dan nilai 60-79 (baik) adalah 26 orang, dan seluruhnya dinyatakan LULUS. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa materi bola voli telah berhasil dikuasai oleh siswa. Dari hasil ujicoba kelompok kecil (small group try out) dan ujicoba kelompok besar (field group try out) dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran passing bawah dan passing atas melalui pendekatan bermain valid, praktis, dan efektif diberikan kepada siswa kelas VII SLTP.

Published
2018-10-30
How to Cite
RICKY, ZUHAR. PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN UNTUK PENDIDIKAN JASMANI DI SLTP. journal of RESIDU, [S.l.], v. 2, n. Issue 10, p. 102-111, oct. 2018. ISSN 2598-8131. Available at: <http://ojs.rc-institut.id/index.php/education/article/view/104>. Date accessed: 14 dec. 2018.