PENGARUH PENDEKATAN STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR KKPI SISWA KELAS XI TKJ DI SMKN 2 PADANG

  • Renny Permata Saputri Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Putra Indonesia ‘YPTK’ Padang

Abstract

Penelitian ini ditulis untuk mengetahui apakah hasil belajar KKPI siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan student centered learning (SCL) melalui metode pembelajaran discovery lebih baik dari hasil belajar KKPI yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI TKJ SMKN 2 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasinya adalah siswa kelas XI TKJ sebanyak tiga kelas. Dari tiga kelas dipilih dua kelas sampel karena mempunyai variansi yang homogen dan jumlah siswa yang sama yaitu kelas XI TKJ1 sebagai kelas eksperimen dan XI TKJ3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data digunakan tes, data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh t hitung 2,424 dan t-tabel 2,000 dalam taraf kepercayaan 0,05, sehingga t hitung > t tabel. Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan Pendekatan Student Centered Learning (SCL) melalui  Metode Pembelajaran Discovery memberi pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa  pada mata pelajaran KKPI kelas XI TKJ SMKN 2 Padang.


 


Kata Kunci: Pendekatan Student Centered Learning, Discovery, Hasil Belajar.

Published
2018-12-07
How to Cite
SAPUTRI, Renny Permata. PENGARUH PENDEKATAN STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR KKPI SISWA KELAS XI TKJ DI SMKN 2 PADANG. journal of RESIDU, [S.l.], v. 2, n. 11, Novemb, p. 54-58, dec. 2018. ISSN 2598-8131. Available at: <http://ojs.rc-institut.id/index.php/education/article/view/112>. Date accessed: 21 jan. 2019.