Peningkatan Kemampuan Wudhu Siswa Melalui Pengunaan Alat Peraga Gambar Pada Materi Wudhu Kelas II SD Negeri 20 Sitiung Kabupaten Dharmasraya

  • Darma Andika SD N 20 Sitiung, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kemampuan siswa kelas II SDN 20 Sitiung Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya tahun ajaran 2017/2018 dalam melakukan wudhu (2) dengan media gambar dalam meningkatkan kemampuan wudhu siswa kelas II SDN 20 Sitiung Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya tahun ajaran 2017/2018. Pernyataan utama yang ingin dijawab apakah metode media gambar dapat meningkatkan kemapuan wudhu siswa kelas II SDN 20 Sitiung kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya tahun 2017, untuk menjawab pertnyataan tersebut maka peneliti mengunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  selanjutnya penulis jelaskan sebagai landasan teory tentang kempuan siswa, Media Gambar, dalam wudhu siswa. Setelah peneliti mengadakan penelitiaan dilapangan, daari data responden sebanyak 30 Siswa, kemudian penulis menganalisa data, ternyata “hipotesi“ yang penulis ajukan yaiti jika metode media gambar dilakukan dengan baik pada kopetensi dasar Siswa mampu membiasakan wudhu dengan tertibpada kelas II SDN 20 Sitiung Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya tahun 2017 adalah signifikan, yaitu metode Media Gambar dapat meningkatkan kemampuan wudhu siswa  pada  kelas II SDN 20 Sitiung Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya tahun 2017. Hal ini tersebut dibuktikan melalui Penelitian Tidaakan Kelas (PTK) dengan menganalisa data yang telah ada dengan menggunakan rumus F/N x 100. Hasil dari analisa ini terdiri dari siklus I rata rata 74,16 akan tetapi 73,33 % dari siswa yang hanya mencapai nilai diatas atau sama dengan kreteria ketuntasan minimum (KKM) 36,66  % dari jumlah siswa nilainya masih dibawah kreteria ketuntasan minimum (KKM). Hasil Siklus II rata rata 83,16 dengan 83,66 % dari jumlah siswa sudah diatas  atau sama dengan kreteria ketuntasan minimum (KKM) hal ini membuktikan bahwa ada peningkatan setelah mengunakan media gambar pada pembelajaran PAI. Dari hasil ini membuktikan bahwa hipotesis yang diajukan diterima yang berbunyi bahwa kemampuan wudhu siswa kelas II pada bahasan wudhu akan meningkat jika diterapkan dengan mengunakan media alat peraga gambar di SDN 20 Sitiung Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya Semester I tahun ajaran 2017/2018.

Published
2019-04-01
How to Cite
ANDIKA, Darma. Peningkatan Kemampuan Wudhu Siswa Melalui Pengunaan Alat Peraga Gambar Pada Materi Wudhu Kelas II SD Negeri 20 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. journal of residu, [S.l.], v. 3, n. 15, Maret, p. 1-12, apr. 2019. ISSN 2598-8131. Available at: <http://ojs.rc-institut.id/index.php/education/article/view/162>. Date accessed: 21 aug. 2019.