PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMULA MELALUI PERMAINAN KARTU HURUF DENGAN MEDIA PAPAN PLANEL PADA TK NEGERI PEMBINA LIMA PULUH KOTA

  • Deli Yusni TK Bunga Tanjung Kecamatan Harau

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan membaca anak Kelompok B2 di TK Negeri Pembina Lima Puluh Kota Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota sehingga perlu adanya upaya perbaikan. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk mendeskripsikan/menggambarkan tentang peningkatan kemampuan membaca anak di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Lima Puluh Kota. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian murid-murid di TK Negeri Pembina Lima Puluh Kota pada Kelompok B2 yang berjumlah 15 orang dengan menggunakan Alat Permainan Edukatif  Kartu Huruf dengan Media Papan Planel . Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data berupa observasi, dan format hasil wawancara,penilaian anakdan dokumentasi selanjutnya diolah dengan teknik persentase.Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian di setiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca pemula   anak dari siklus I yang pada umumnya masih terlihat rendah. Pada siklus I peningkatan  hasil belajar belum mencapai 75 % maka dilanjutkan pada siklus II dimana peningkatan kemampuan membaca pemula menjadi lebih meningkat. Sehingga hasil rata-rata tingkat keberhasilan anak melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa upaya peneliti untuk meningkatkan  kemampuan membaca pemula anak ,setelah dilakukan tindakan dari siklus I dan siklus II dapat tercapai.


 

Published
2019-04-01
How to Cite
YUSNI, Deli. PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMULA MELALUI PERMAINAN KARTU HURUF DENGAN MEDIA PAPAN PLANEL PADA TK NEGERI PEMBINA LIMA PULUH KOTA. journal of residu, [S.l.], v. 3, n. 15, Maret, p. 13-24, apr. 2019. ISSN 2598-8131. Available at: <http://ojs.rc-institut.id/index.php/education/article/view/163>. Date accessed: 21 july 2019.