PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CIRC BAGI PESERTA DIDIK KELAS III SDN 04 SUNGAI TALANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • Efiwarti , SD Negeri 04 Sungai Talang, Kabupaten Lima puluh Kota

Abstract

Salah satu keterampilan yang harus dimiliki peserta didik tingkat Sekolah Dasar (SD) adalah membaca. Permasalahan yang dijumpai adalah rendahnya keinginan peserta didik untuk membaca bahan bacaan sendiri. Hal ini mengakibatkan nilai keterampilan membaca peserta didik masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh  peningkatan keterampilan membaca melalui model pembelajaran Cooperative, Integrated, Reading and Composition (CIRC) bagi peserta didik kelas III SDN 04 Sungai Talang tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VI SDN 04 Sungai Talang yang berjumlah 22 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Penelitian ini berhenti pada siklus II, karena persentase ketuntasan keterampilan membaca pserta didik pada siklus II sebesar 86%.  Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terjadi keterampilan membaca melalui model pembelajaran CIRC  bagi peserta didik kelas III SDN 04 Sungai Talang tahun pelajaran 2018/2019

Published
2019-04-01
How to Cite
,, Efiwarti. PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CIRC BAGI PESERTA DIDIK KELAS III SDN 04 SUNGAI TALANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. journal of residu, [S.l.], v. 3, n. 15, Maret, p. 25-40, apr. 2019. ISSN 2598-8131. Available at: <http://ojs.rc-institut.id/index.php/education/article/view/164>. Date accessed: 21 aug. 2019.