PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN DENGAN MENERAPKAN LITERASI TERBIMBING PADA PESERTA DIDIK KELAS VI SDN 04 SUNGAI TALANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • Erna , SD Negeri 04 Sungai Talang, Kabupaten Lima puluh Kota

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kejenuhan dan kesulitan peserta didik dalam memahami materi Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Hal ini mengakibatkan hasil belajar peserta didik dalam pelajaran PKn rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar PKn dengan menerapkan literasi terbimbing bagi peserta didik kelas VI SDN 04 Sungai Talang tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VI SDN 04 Sungai Talang yang berjumlah 20 orang. Hasil penelitian setiap siklus menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Pada siklus I persentase peserta didik yang tuntas adalah 75%, sehingga dilanjutkan ke siklus II. Persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik pada siklus II sebesar 95%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar PKn dengan menerapkan literasi terbimbing bagi peserta didik kelas VI SDN 04 Sungai Talang tahun pelajaran 2018/2019.

Published
2019-04-01
How to Cite
,, Erna. PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN DENGAN MENERAPKAN LITERASI TERBIMBING PADA PESERTA DIDIK KELAS VI SDN 04 SUNGAI TALANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. journal of residu, [S.l.], v. 3, n. 15, Maret, p. 41-51, apr. 2019. ISSN 2598-8131. Available at: <http://ojs.rc-institut.id/index.php/education/article/view/165>. Date accessed: 21 july 2019.