Peningkatan Hasil Belajar PAI dan BP Pada Materi Kisah Nabi dan Rasul Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Bagi Siswa Kelas V SD N 01 Sitiung

  • Mulyani , SD N 01 Sitiung, Indonesia

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataaan disekolah bahwa dalam penyampaian pembelajaran konsep guru belum menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan materi. Walaupun ada model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran, guru kurang mengerti cara menerapkannya, sehingga siswa sulit memahami konsep-konsep PAI. Untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran, maka digunakanlah model pembelajaran kooperatif dengan tipe STAD agar dapat membantu siswa dalam memahami materi serta dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahun ajaran 2017/2018 di SD Negeri 01 Sitiung. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD N 01 sitiung, dengan jumlah siswanya 29 orang, Penelitian ini dilaksanakan selama dua bulan yang terdiri dari II siklus yaitu siklus I tiga kali pertemuan dan siklus II tiga kali pertemuan. Prosedur penelitian dilakukan melalui 4 tahap yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan, 4) refleksi. hasil belajar siswa yaitu data awal rata-rata 64,83, pada siklus I meningkat menjadi 71,72 dan pda siklus II rata-rata 86,9. Dari hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan  hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI dalam kelas V SD N 01 Sitiung.

Published
2019-04-01
How to Cite
,, Mulyani. Peningkatan Hasil Belajar PAI dan BP Pada Materi Kisah Nabi dan Rasul Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Bagi Siswa Kelas V SD N 01 Sitiung. journal of residu, [S.l.], v. 3, n. 15, Maret, p. 69-80, apr. 2019. ISSN 2598-8131. Available at: <http://ojs.rc-institut.id/index.php/education/article/view/168>. Date accessed: 22 may 2019.