Meningkatkan Aktivitas Siswa Kelas I SD N 17 Sitiung Dalam Pembelajaran Tematik Dengan Metode Talking Stick

  • Rafia Yeni SD N 17 Sitiung, Indonesia

Abstract

Proses belajar mengajar adalah fenomena yang kompleks. Segala sesuatunya berarti setiap kata, pikiran, tindakan. Model pembelajaran talking stick merupakan model pembelajaran yang tepat untuk di terapakan pada pelajaran tematik I, dikarenakan cara penyajian pelajaran dengan melakukan  suatu permainan, sehingga akan menimbulkan minat anak dalam mengikuti pembelajaran. Hal tersebut dikarenakan siswa kelas I masih bersifat kekanak-kanakan dan masih suka bermain. Sehingga akan mempermudah pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan oleh seorang guru dan tujuan pembelajaran akan tercapai. Penulis merasa yakin bahwa landasan teori model pembelajaran ini sangat cocok untuk diterapkan dalam proses pembelajaran tematik I di Sekolah Dasar. Lingkungan yang mendukung dan proses pembelajaran yang menyenangkan dapat menciptakan serta meningkatkan minat siswa SD untuk belajar. Sehingga keluhan-keluhan seperti bosan, jenuh, kurang menyenangkan dan tidak menarik yang selama ini sering didengungkan dari siswa dalam proses pembelajaran tematik I dapat teratasi melalui model pembelajaran ini.


 

Published
2019-04-01
How to Cite
YENI, Rafia. Meningkatkan Aktivitas Siswa Kelas I SD N 17 Sitiung Dalam Pembelajaran Tematik Dengan Metode Talking Stick. journal of residu, [S.l.], v. 3, n. 15, Maret, p. 81-86, apr. 2019. ISSN 2598-8131. Available at: <http://ojs.rc-institut.id/index.php/education/article/view/169>. Date accessed: 20 oct. 2019.