PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PESERTA DIDIK KELAS II SDN 01 SUNGAI TALANG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • Yetmiwarti , SD Negeri 01 Sungai Talang, Kabupaten Lima puluh Kota

Abstract

Keterampilan menulis merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa yang harus dikuasai peserta didik. Permasalahan yang dijumpai di kelas II SDN 01 Sungai Talang adalah rendahnya keterampilan peserta didik dalam menulis, terutama menulis sebuah kalimat. Rendahnya keterampilan menulis mengakibatkan hasil belajar bahasa Indonesia peserta didik juga rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh  peningkatan keterampilan menulis peserta didik kelas II SDN 01 Sungai Talang dengan menggunakan media gambar tahun pelajaran 2018/2019? Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II SDN 01 Sungai Talang yang berjumlah 13 orang. Hasil penelitian siklus I menunjukkan persentase peserta didik yang nilai keterampilan menulisnya adalah sebesar 69%.  Pada siklus II persentase ketuntasan keterampilan menulis peserta didik sebesar 92%.  Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menulis peserta didik kelas II SDN 01 Sungai Talang dengan menggunakan media gambar tahun pelajaran 2018/2019.


Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Media Gambar.

Published
2019-04-01
How to Cite
,, Yetmiwarti. PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PESERTA DIDIK KELAS II SDN 01 SUNGAI TALANG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR TAHUN PELAJARAN 2018/2019. journal of residu, [S.l.], v. 3, n. 15, Maret, p. 92-101, apr. 2019. ISSN 2598-8131. Available at: <http://ojs.rc-institut.id/index.php/education/article/view/171>. Date accessed: 21 aug. 2019.