PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME

  • Ayu Ningsih Amirus Universitas negeri padang

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi kegiatan pembelajaran yang masih tidak berpusat pada siswa. Penelitian dilakukan di kelas V SDN 20 Jalamu dan SDN 31 Limau Manis Kabupaten Pesisir Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti peningkatan motivasi siswa dalam belajar matematika menggunakan pendekatan konstruktivisme serta dengan menggunakan pembelajaran matematika secara konvensional. Instrumen tes yang digunakan dalam tes ini adalah wawancara, angket, dan lembar observasi. Penelitian dilakukan dengan melakukan pretest dan posttest. Jawaban siswa kemudian dianalisis dengan analisis motivasi belajar siswa dalam kelompok rendah, sedang dan tinggi di kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar siswa di kelas eksperimen sebesar 0,68, sedangkan peningkatan motivasi belajar siswa di kelas kontrol memiliki rata-rata 0,07. Jadi dapat disimpulkan bahwa pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa.

Published
2020-01-13
How to Cite
AMIRUS, Ayu Ningsih. PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME. journal of residu, [S.l.], v. 3, n. 24 Desembe, p. 8-12, jan. 2020. ISSN 2598-8131. Available at: <http://ojs.rc-institut.id/index.php/education/article/view/441>. Date accessed: 19 jan. 2020.