PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA

  • Fepryna yenti STKIP Ahlussunnah Bukittinggi

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematika siswa siswa kelas VII SMPN 3 Payakumbuh. Untuk mengatasi masalah tersebut penulis melaksanakan pembalajaran dengan menerapkan model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa dengan model pembelajaran konvensional pada kelas VII SMPN 3 Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 3 Payakumbuh tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random Sampling.  Sampel yang terpilih adalah kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-3 sebagai kelas control. Uji hipotesis menggunakan uji t, dengan hasil   thitung = 2,04 dan ttabel = 1,67, karena thitung > ttabel  dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa dengan model pembelajaran konvensional pada kelas VII SMPN 3 Payakumbuh

Published
2020-01-13
How to Cite
YENTI, Fepryna. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA. journal of residu, [S.l.], v. 3, n. 24 Desembe, p. 21-29, jan. 2020. ISSN 2598-8131. Available at: <http://ojs.rc-institut.id/index.php/education/article/view/449>. Date accessed: 20 jan. 2020.