ANALISA KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MODEL PENILAIAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA INGGRIS BERBASIS AUTHENTIC ASSESSMENT DI SMAN UNGGUL DHARMASRAYA

  • Sarah Hediyati Hastuti Universitas Dharmas Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kebutuhan pengembangkan model penilaian keterampilan menulis bahasa Inggris berbasis authentic assessmentpada siswa kelas X di SMAN Unggul Dharmasraya. Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian pengembangan (Research and Development) yang difokuskan pada analisa kebutuhan dari model penilaian keterampilan menulis bahasa Inggris berbasis authentic assessment pada kelas X di SMAN Unggul Dharmasraya. Penelitian ini mengunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap: (1) analisis kebutuhan siswa (analysis), mendisain penilain otentik untuk kemampuan menulis(design), mengembangkan penilaian otentik keterampilan menulis (develop), pelaksanaan hasil pengembangan (implement), evaluasi kelayakan model penilaian otentik tersebut (evaluate). Instrumen yang digunakan pada penelitian dan pengembangan ini adalah angket, dan wawancara terstruktur. Angket bersama wawancara digunakan untuk memperoleh informasi awal mengenai analisa kebutuhan siswa terhadap model penilaian keterampilan menulis bahasa Inggris berbasis authentic assessment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa membutuhkan model penilaian yang, (1) sederhana dan dekat dengan kehidupan siswa, (2) penilaian harus bervariasi, (3) penilaian bersifat komunikatif, (4) penilaian memiliki rubrik penilaian, dan (5) penilaian harus dilakukan secara berkelanjutan. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa terdapat 6 jenis model penilaian otentik untuk keterampilan menulis: (1) writing contruction task, (2) short-answer and sentence completion task, (3) grammatical transformation task, (4) pictured-cued tasks, (5) picture sequence descriptiondan (6) paragraph contruction task. Semua model penilaian otentik ini dapat digunakan untuk menilai keterampilan menulis bahasa Inggris siswa SMA kelas X


 

Published
2020-01-13
How to Cite
HASTUTI, Sarah Hediyati. ANALISA KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MODEL PENILAIAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA INGGRIS BERBASIS AUTHENTIC ASSESSMENT DI SMAN UNGGUL DHARMASRAYA. journal of residu, [S.l.], v. 3, n. 24 Desembe, p. 114-123, jan. 2020. ISSN 2598-8131. Available at: <http://ojs.rc-institut.id/index.php/education/article/view/452>. Date accessed: 20 jan. 2020.