EFEKTIFITAS MODUL MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI BILANGAN PECAHAN

  • Majidah Khairani STKIP Ahlussunnah Bukittinggi

Abstract

Penelitian ini juga bertujuan sebagai bahan ajar dosen PenjaskesrekUniversitas Dharmas Indonesia.Secara umum tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran teknik dasar passing sepak bola. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Research and Development (R&D) dari Borg dan all. Lokasi penelitian Universitas Dharmas Indonesia Kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat.Instrumen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah angket, kuisioner, serta instrument tes teknik dasar passing sepak bola yang digunakan untuk mengumpulkan data pada tahap: (1) analisis kebutuhan; (2) evaluasi ahli (evaluasi produk awal); (3) uji coba terbatas (ujicoba kelompok kecil); dan (4) ujicoba utama (field testing). Berdasarkan hasil ujicoba kelompok kecil yang dilakukan terhadap 10 model pembelajaran teknik dasar passing sepak bola, oleh ahli penggunaan keseluruhan model pada pengembangan ini dapat dikatagorikan valid serta cocok untuk digunakan dalam pengembangan model pembelajaran teknik dasar passing sepak bola bagi mahasiswaPendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas Dharmas Indonesia. Setelah hasil pengembangan model permainan pada pembelajaran keterampilan teknik dasar passing diujicobakan dalam skala kecil dan mengalami revisi, maka tahap selanjutnya adalah melakukan uji coba kelompok besar (big-group test).

Published
2020-01-13
How to Cite
KHAIRANI, Majidah. EFEKTIFITAS MODUL MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI BILANGAN PECAHAN. journal of residu, [S.l.], v. 3, n. 24 Desembe, p. 69-77, jan. 2020. ISSN 2598-8131. Available at: <http://ojs.rc-institut.id/index.php/education/article/view/455>. Date accessed: 19 jan. 2020.