PENERAPAN KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN STRATEGI COLLEGE BALL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA SMAN I X KOTO SINGKARAK

  • Dina Novarina Perdana FKIP UNES Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar matematika siswa kelas XI IPA SMAN I X Koto Singkarak yang pembelajaranya menggunakan kooperatif tipe TGT dengan strategi College Ball dan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa yang pembelajaranya menggunakan kooperatif tipe TGT dengan strategi College Ball lebih baik dari hasil belajar matematika yang pembelajaranya menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI IPA SMAN I X Koto Singkarak. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN I X Koto Singkarak sebanyak tiga kelas. Sampel dipilih dari populasi setelah diketahui bahwa populasi mempunyai variansi yang homogen dan mempunyai kesamaan rata-rata, dari tiga kelas dipilih dua kelas sampel. Dari dua kelas sampel kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol. Dari analisis angket didapat rataan motivasi setelah dilaksanakan pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan strategi College Ball adalah 67,63 dengan kriteria motivasi siswa terhadap pelajaran matematika adalah tinggi. Untuk data hasil belajar diberikan tes dan analisis datanya menggunakan t-tes sehingga diperoleh thitung > ttabel pada tingkat kepercayaan 95% (α =0.05), maka hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil bahwa hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan strategi College Ball lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI IPA SMAN I X Koto Singkarak.

Published
2018-11-16
How to Cite
PERDANA, Dina Novarina. PENERAPAN KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN STRATEGI COLLEGE BALL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPA SMAN I X KOTO SINGKARAK. journal of RESIDU, [S.l.], v. 2, n. Issue 10, p. 1-7, nov. 2018. ISSN 2598-8131. Available at: <http://ojs.rc-institut.id/index.php/education/article/view/93>. Date accessed: 14 dec. 2018.